TEKNOLOGI

Selasa, 21/05/2013, 17:05
Inilah Perbedaan BlackBerry Q10 dan BlackBerry Q5

TEKNOLOGI BlackBerry, BlackBerry 10
 

inilah-perbedaan-blackberry-q10-dan-blackberry-q5 BlackBerry Q10 dan BlackBerry Q5
BERITA TERKAIT
 
Dua smartphone BlackBerry yang menjalankan OS 10 dengan model QWERTY keyboard fisik adalah Q10 dan Q5. Sementara Q10 telah rilis di Inggris dan Kanada, Q5 justru baru saja diumumkan di ajang BlackBerry Live pekan lalu.

Melihat namanya yang mirip, tak heran jika keduanya juga memiliki banyak kesamaan meskipun perlu dicatat bahwa Q5 adalah versi MURAH dari Q10. Lalu apa perbedaan smartphone BlackBerry terbaru tersebut?

1. Kamera
Kamera adala fitur utama yang membedakan BlackBerry Q10 dari Q5. Di BlackBerry Q10, Anda akan mendapati kameri 8MP di bagian belakang sementara di Q5, kameranya hanya 5MP saja.

2. Display
Karena dijual lebih murah, BlackBerry Q5 menggunakan kualitas display di bawah Q10 dengan IPS LCD berukuran 3,1 inci yang resolusinya mencapai 720 x 720 piksel.

Ukuran dan resolusi tersebut sama dengan yang dipakai BlackBerry Q10 tetapi Q10 menggunakan display Super AMOLED screen yang lebih tajam dan mampu menghasilkan kontras yang sangat baik.

3. Prosesor
Perbedaan besar dari BlackBerry Q5 dan Q10 terletak pada prosesor yang digunakan. Jika Q10 memakai prosesor kuat 1,5GHz maka Q5 cukup menggunakan prosesor 1,2GHz. Meski demikian, prosesor tersebut sama-sama dual-core yang dipadu dengan RAM 2GB.

4. Baterai
BlackBerry Q5 menggunakan NON-removable battery berukuran 2100mAh. Jika ingin yang lebih fleksibel tentunya Anda harus memilih Q10 karena smartphone ini menggunakan baterai lepas dengan kekuatan yang sama.

5. Desain
BlackBerry Q10 yang dibanderol lebih mahal tentunya memiliki kesan yang lebih premium dibanding Q5, demikian juga dengan perfoma keyboard-nya.

Selain itu Q5 tidak dilengkapi port micro HDMI. Namun tidak adanya fitur tersebut justru menjadikan Q5 sedikit lebih ringan dari Q10 (120gr vs. 139gr).

Untuk ukuran, meskipun memiliki perbedaan tetapi sangat sulit melihatnya secara langsung. BlackBerry Q5 dibuat dengan dimensi sedikit lebih besar (120 x 66 x 10,8 mm) sementara Q10 memiliki ukuran 119,6 x 66,8 x 10,4 mm.

Dari perbedaan di atas, mana yang akan Anda pilih, BlackBerry Q5 atau Q10? Jika Anda mencari BlackBerry OS 10 device yang lebih murah pastinya pilihan akan jatuh ke Q5, tetapi jika Anda ingin kekuatan penuh dari sebuah BlackBerry smartphone maka pilih saja Q10. (ang/gop)

Berita Terbaru

Lewis Hamilton Betah Bernaung di Mercedes
"Saya sangat merasa seperti telah mencantumkan pada dadaku. Ini sangat berarti banyak bagi keluarga saya,"

Lampard Resmi Gabung ke New York City
Lampard resmi bermain di Liga AS, setelah kontraknya tidak diperpanjang oleh Chelsea,

Laporan Prabowo-Hatta ke MK Hal Wajar
Aneh jika ada peserta Pemilu yang ingin taat pada aturan, berjuang mencari keadilan dengan cara yang dibenarkan menurut hukum malah direspons negatif.

Madrid Terus Berburu di Bursa Transfer
Sedangkan Keylor Navas berpeluang besar bergabung dengan Los Blancos dalam waktu dekat.

Bila Jadi Gubernur Ahok Emoh Tempati Rumah Dinas
Alasannya ia senang dengan pemandangan laut menginggat rumah pribadinya berdekatan dengan pantai.