POLITIK

Kamis, 14/06/2012, 11:00
Suriah Pamer Kekuatan Militer

POLITIK konflik suriah
 

suriah-pamer-kekuatan-militer illustasi
 
Saat masyarakat internasional masih tak mampu mencapai konsensus untuk mewujudkan penyelesaian bagi sengketa di Suriah, pemerintah Suriah tampaknya telah "mempetieskan" semua saran dari luar dan memilih caranya sendiri.

Pemerintah di Damaskus memamerkan kekuatan militer guna mengakhiri krisis yang berlarut untuk selamanya. Sejak awal krisis 16-bulan, pemerintah Suriah telah berulang-kali menjelaskan bahwa Damaskus ingin menyelesaikan secara cepat dan selamanya percekcokan dengan gerakan antipemerintah, yang berawal dalam bentuk protes damai tapi berkembang jadi pemberontakan bersenjata dan bergelimang darah.

Pemerintah Suriah menyatakan selama ini tak mengambil pilihan militer karena khawatir terhadap keselamatan warga sipil saat orang yang diduga bersenjata dilaporkan bersembunyi di antara warga sipil di daerah permukiman di kota bergolak di seluruh negeri tersebut. Pemerintah Suriah juga menyatakan memberi kesempatan bagi penyelesaian politik.

Namun, peningkatan aksi kekerasan dan upaya oleh apa yang disebut tenggara Suriah Baru untuk membawa pertempuran ke kubu utama Presiden Bashar al-Assad telah menjadi tonggak sejarah dalam krisis Suriah.

Pamer kekuatan itu dilancarkan pada Jumat (8/6), saat pertempuran paling sengit meletus antara militer Suriah dan gerilyawan di sebagian jalan di ibu kota Suriah, Damaskus, dan sekitarnya. Militer Suriah diduga memerangi petempur Tentara Suriah bebas yang telah berusaha melancarkan serangan serentak terhadap beberapa pos pemeriksaan militer di Damaskus.

Hari berikutnya, media lokal melaporkan militer Suriah "mengguncang tempat berpijak pria bersenjata" dan kematian puluhan gerilyawan.

Pamer kekuatan militer tersebut belakangan meluas ke beberapa bagian bergolak di Suriah utara, di tengah konfirmasi setiap hari bahwa daerah itu telah dibersihkan dari "teroris" satu demi satu dan militer telah merebut kendali dari tangan gerilyawan.(Ant/kk)

Berita Terbaru

Petugas Berjibaku Padamkan Api di Pasar Senen
Karena banyak pakaian dan barang lain yang mudah terbakar, menyebabkan api cepat merambat dan melua

Tolak Pabrik Semen, Jangan Tinggal di Bangunan Bersemen
Kalau masih menggunakan semen, tapi mereka menolak pembangunan pabrik semen, itu munafik namanya,

Jelang Hari Pencoblosan Satgas Anti-Politik Uang Terbentuk di Kolaka Utara
Aroma persaingan tidak sehat semakin tercium jelang pencoblosan di Pilkada Kolaka Utara (Kolut) 15 Februari 2017 mendatang.

Pilkada Jakarta, 15 Februari Ditetapkan Hari Libur
Pesta demokrasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang tepat dilaksanakan pada 15 Februari 2017 ditetapkan sebagai hari libur.

Everton Gilas City 4-0
City yang lebih mendominasi penguasaan bola, kebobolan lebih dahulu lewat gol Romelu Lukaku pada menit ke-34.