POLITIK

Sabtu, 21/04/2012, 05:23
Pilkada NTT dan Sikka Digelar Serempak

POLITIK Pilkada
 

pilkada-ntt-dan-sikka-digelar-serempak
 
Pelaksanaan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Nusa Tenggara Timur serta Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Sikka periode 2013-2018 akan dilaksanakan serempak pada 2013, kata Ketua KPU NTT Johanes Depa di Kupang, Jumat (20/4/2012).

Ia menjelaskan pelaksanaan serempak Pilgub NTT dan Pilkada Sikka di Pulau Flores itu mengacu pada UU No.12 Tahun 2008 hasil revisi UU No.32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.

Dalam Pasal 235 ayat (2) UU tersebut mengamanatkan agar pemilu kepala daerah yang berlangsung dalam waktu berdekatan agar digabung demi penghematan anggaran negara.

Artinya, kata Depa, pada saat pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Sikka, rakyat Kabupaten Sikka selain memilih Bupati dan Wakil Bupati Sikka untuk periode 2013-2018, juga langsung memilih Gubernur dan Wakil Gubernur NTT untuk masa bhakti yang sama.

"Kami (KPU NTT) sudah tiga hari melakukan rapat koordinasi dengan KPU Sikka untuk membahas hal-hal yang terkait dengan penetapan jadwal dan tahapan-tahapan pelaksanaan pesta demokrasi tersebut," ujarnya.

Dia mengatakan sebagian besar tahapan telah disepakati yang terdiri dari tiga bagian utama yakni persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian.

Untuk bagian persiapan telah dilakukan pemantapan terhadap beberapa item dengan proses penyusunan program dan anggaran pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Untuk anggaran Pilgub NTT, tambahnya, KPU NTT telah mengusulkan anggaran sekitar Rp150 miliar untuk membiayai pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang tahapannya akan dimulai pada 16 November 2012.

"Dana sebesar itu untuk membiayai seluruh komponen pemilihan gubernur dan wakilnya dalam dua putaran. Pemungutan suara putaran pertama pada Maret 2013," katanya.

Ia mengatakan, dana Rp150 miliar itu sudah termasuk persiapan pelaksanaan pemilu dua putaran, juga antisipasi putaran ketiga kalau Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan untuk dilakukan pemilihan ulang, jika pelaksanaannya bermasalah.

Dana tersebut dialokasikan dalam tiga tahun anggaran yakni 2011 sebesar Rp35 miliar, 2012 mencapai Rp55 miliar dan tahun anggaran 2013 dialokasikan tambahan dana sebesar Rp60 miliar.

Dalam tahapan tersebut, KPU NTT menyiapkan tata cara kerja KPU Provinsi, KPU kabupaten/kota, panitia pemilih kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan kelompok penyelenggaraan pemungutan suara (KPPS).

KPU NTT juga akan menyiapkan berbagai kebutuhan lain seperti tata cara pemutakhiran data, tata cara pencalonan, tata cara kampanye, tata cara pemungutan suara, dan persiapan regulasi tentang jumlah dukungan calon perseorangan, serta jumlah kursi dan suara sah.

Untuk tahap pelaksanaan, langkah awal yang dilakukan adalah pemutakhiran data yang terdiri dari penerimaan daftar penduduk potensial pemilih, penyerahan draf daftar pemilih sementara dari kabupaten/kota, penyusunan daftar pemilih tetap atau DPT dan pengumuman DPT kepada masyarakat.

Setelah itu, dilaksanakan tahap pencalonan dari partai politik, gabungan partai politik, dan perseorangan yang dimulai dengan pengumuman persyaratan pasangan calon dan penyerahan dukungan pasangan calon.

Kemudian, pendaftaran pasangan calon dan penyerahan surat pencalonan, pemeriksaan kesehatan rohani dan jasmani pasangan calon, penelitian terhadap persyaratan pasangan calon serta pemberitahuan secara tertulis atas hasil penelitian tersebut.

"Jika masih ada kelengkapan pencalonan yang kurang, pasangan calon dari partai politik dan perseorangan diberi waktu untuk melengkapi," katanya.

Setelah proses perbaikan kelengkapan itu berakhir, KPU NTT akan mengumumkan hasil penelitian akhir, serta melakukan penetapan dan penentuan nomor urut pasangan calon yang akan menjadi peserta pemilihan gubernur dan wakil gubernur dan bupati dan wakil bupati pada Maret dan April 2013 mendtang. (Fat/Ant)

Berita Terbaru

SBY: Pemimpin yang Baik Tidak Mondar-Mandir
Dalam sambutannya, Presiden SBY memberikan apresiasi atas terselenggarakan otonomi daerah di Indonesia yang berjalan dengan baik.

Outlet Kedua Primark Hadir di Berlin
Rencananya, outlet ketiganya akan dibuka di Alexander Platz pada musim panas 2014.

Jodie Foster Resmi Nikahi Pasangan Lesbiannya
Jodie Foster resmi menikahi pasangan lesbiannya, Alexandra Hedison, akhir pekan lalu.

Bayi di Panti Asuhan Ceger Terjangkit HIV
Bayi yang berjenis kelamin perempuan tersebut merupakan kiriman dari RSUD Cengkareng, Jakarta Barat tiga bulan lalu.

Akhir Pekan, Emas Antam Stagnan
Harga jual emas PT Aneka Tambang Tbk akhir pekan ini belum mengalami perubahan atau stagnan pada posisi Rp534 ribu.