SOSIAL

Jumat, 13/04/2012, 15:19
Gempa Aceh Akibatkan Satu Jembatan Roboh dan Tanah Longsor

SOSIAL gempa aceh
 

gempa-aceh-akibatkan-satu-jembatan-roboh-dan-tanah-longsor Ist
 
Akibat gempa berkekuatan 8,9 skara richter yang mengguncang Aceh pada Rabu (11/4/2012) lalu, Kementerian Pekerjaan Umum mencatat kerusakan satu jembatan Cot Malaka di Kecamatan Bubon runtuh serta jalan longsor di Aceh Barat dengan kerugian mencapai Rp2 miliar.

"Sampai saat ini laporan ada kerusakan jalan longsor dan jembatan roboh di Aceh Barat, maksimum biaya Rp2 miliar. Jadi itu bukan jembatan yang cukup besar," kata Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, menjawab pers di Jakarta, Jumat (13/4/2012).

Jembatan yang menghubungkan jalan Meulaboh ke Banda Aceh tersebut memang bukan jembatan besar karena dijadikan sebagai jembatan darurat bagi warga kecamatan Bubon saat terperangkap banjir.      

Jembatan itu dibangun pasca Tsunami 2004 dengan pendanaan dari Japan International Cooperation (JICA).

Djoko menyebutkan untuk perbaikan infrastruktur akibat kerusakan bencana alam, instansinya telah membuat perjanjian dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).      

Pendanaan tersebut sudah dijamin untuk segera disiapkan oleh BNPB berapa pun jumlah kebutuhannya.

"Selama untuk bencana, dan mendesak kami segera memperbaiki. PU akan meminta BNPN menyiapkan dananya kepada kami (PU) untuk membangun kembali kerusakan tersebut," katanya.

Sementara bila terdapat keretakan kecil pada jalan-jalan nasional dan masih dapat dipergunakan, maka perbaikan dapat ditunda untuk kemudian dianggarkan pada APBN tahun berikutnya.

Akan tetapi hingga saat ini, kata Djoko, belum ditemukan kerusakan parah pada jalan nasional dari Banda Aceh hingga Meulaboh.      Guna mengatasi kemungkinan adanya kerusakan infrastruktur jalan dan jembatan nasional lainnya, tegasna, pihaknya telah menyiapkan berbagai kendaraan berat di beberapa lokasi baik di NAD maupun Sumatera Utara.

Selain jembatan, berdasarkan laporan dari BNPB terdapat kerugian infrastruktur non ke PU an lainnya antara lain untuk Aceh Barat satu unit asrama putri di Pesantren Arrazatun Nabawiyah, rusak.

Sedangkan di Aceh Besar, satu rumah tahanan rusak temboknya dan roboh, satu unit rumah rusak ringan, satu kantor rusak ringan dan satu rumah ambruk di Desa Lamlepung. (Fat/At)

Berita Terbaru

Pasar di Jakarta Aman dari Beras Plastik
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, menjamin beras sintetis (plastik) tidak beredar di pasar tradisional yang dikelola oleh PD Pasar Jaya.

31 Mei, Jakarta International 10 K Digelar
Lomba lari Jakarta international 10 K kembali digelar pada 31 Mei mendatang.

Luis Figo Mundur dari Pencalonan Presiden FIFA
Mantan pemain depan Portugal Luis Figo mengundurkan diri dari pencalonan presiden badan sepak bola dunia FIFA, Kamis (21/5/2015)

Di Jakarta Tak Ditemukan Beras Sintetis
Inspeksi mendadak (sidak) yang digelar serentak Kamis (21/5/2015), di lima wilayah DKI Jakarta belum ditemukan beredarnya beras sintetis.

Juara Coppa Italia, Congratulations Juventus!
Juventus meraih trofi Piala Italia ke-10 mereka, setelah terakhir kali memenanginya 10 tahun silam pada 1995.