POLITIK

Senin, 02/05/2011, 12:31
Pilkada Papua Barat dan 2 Kabupaten Digelar Serentak

POLITIK papua
 

pilkada-papua-barat-dan-2-kabupaten-digelar-serentak Ilustrasi - FOTO ANTARA/Ampelsa
 
Pelaksanaan pemilihan kepala daerah tingkat Provinsi Papua Barat akan dilaksanakan serentak dengan pemilihan kepala daerah dua kabupaten lain yaitu Kabupaten Maybrat dan Kabupaten Tambrauw pada 29 Juni mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Provinsi Papua Barat Timotius Sraun di Manokwari, Senin (2/5/2011) menyebutkan, pilkada serentak tingkat provinsi dengan dua kabupaten itu, telah disepakati oleh berbagai pihak terkait, termasuk DPRD masing-masing.

Kesepakatan untuk menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkda) serentak itu, katanya, dicapai untuk alasan efisiensi baik dana yang bersumber dari APBD Provinsi Papua Barat, maupun APBD Maybrat dan Tambrauw.

Dua kabupaten terletak di daerah kepala burung dari Tanah Papua itu adalah daerah otonom baru yang dibentuk pada 2009 lalu. Maybrat adalah daerah pemekaran dari Kabupaten Sorong Selatan yang diatur dalam UU Nomor: 13 tahun 2008 dan Tambrauw dimekarkan dari Kabupaten Sorong yang tertuang dalam UU Nomor: 56 tahun 2008.

Pasangan calon yang bertarung memperebutkan kursi Gubernur Papua Barat 2011-2016 adalah, Brigjen TNI (Purn) Mar. Abraham O Atururi (kini Gubernur) dan Abdil Rahim Katjong (kini Wagub) yang diusung partai Golkar, Partai Demokrat, Gerindra, Hanura dan PDI Perjuangan.

Sedangkan pasangan Dominggus Mandacaan dan Origenes Nauw diusung enam parpol yang memiliki 12 kursi di DPRD Papua Barat didukung enam partai "non seat" di DPRD Papua Barat.

Dominggus Mandacaan adalah mantan Bupati Manokwari yang berkuasa dua periode 2000-2005 dan 2005-2010 sekaligus Ketua Partai Golkar Kabupaten Manokwari, sedangkan Drs Origenes Nauw adalah kader Partai Golkar Provinsi Papua dan mantan Anggota DPRD Provinsi Papua Barat periode 2004-2009 dan kini Ketua Komisi C DPRD Papua Barat periode 2009/2014.

Sedangkan bakal calon yang mengikuti Pilkada Maybrat adalah Drs Bernard Sagrim (mantan Penjabat Bupati) berpasangan dengan Drs Karel Murafer (Mantan Asisten II), Drs AGustinus Saa (Sekda) berpasangan dengan Drs Andy Antoh (Kabag Pemerintahan), Ir Michael Kambuaya (Kadis PU Kabupaten Mamberamo Raya) berpasangan dengan Joseph Bless SH (Mantan Sekretaris KPU Kabupaten Sorong Selatan) dan Drs Alberth Nakoh (Kadis Sosial Provinsi Papua Barat) dengan Drs Yakobus Sedik (Kabag Pemerintahan Kota Soronrauwg).

Seddangkan KPUD Tambrauw telah menetapkan lima pasangan bakal calon kepala daerah yakni Gerson Jitmau SH (Kabag Pengendalian Dispenda Provinsi Papua) berpasangan dengan Anthon Titit, SPd (Guru Bahasa Inggris SMU Katolik St.Agustinus Sorong).

Juga, Gabriel Asem (Kabag Keuangan Tambrauw) berpasangan dengan Yakobus Yembra(Staf Bapeda), Menase Paa (Mantan Penjabat Bupati Tambrauw) bergandeng dengan L. Hae (tokoh masyrakat), Jimmy D.Ijie (Wakil Ketua II DPRD Provinsi Papua Barat) berpasangan dengan Ny. Regina Yekwam (Staf Pemkab Tambrauw) dan Eric Mayor (Ketua Bapped Tambrauw) berpasangan Petrus Pangalila (Ketua Golkar Tambrauw).

Kelima pasangan ini dikabarkan bersaing ketat untuk merebut suara rakyat di daerah otonom yang baru dibentuk pada 2009 itu.(*/an/puh)

Aser Kocu, SP   2011-05-19 15:04:20
Disarankan kepada seluruh warga masyarakat yang berdomisili di dua kabupaten tersebut agar salurkan hak pilih saudara sesuai dengan suara hati, dan juga ingat bahwa jangan dilihat dari dua kabupaten itu sudah jadi, tetapi semua warga duduk dan renungkan kembali bagaimana prosesnya hingga dua kabupaten tersebut yaitu Maybrat dan Tambrauw sampai saat ini bisa resmi jadi kabupaten yang syah, oleh karena itu maka salurkan hak pilih saudara sesuai sasaran untuk memilih abang-abang kita dengan jerih payah memperjuangkan dua kabupaten tersebut hingga saat ini jadi daerah Otonom yang syah ....
tonci asimi   2011-05-20 10:17:23
pemilukada kabupaten tambrauw,harus dilaksanakan dengan menjunjung azaz demokrasi yang bermartabat,berdasarkan aspira masyarakat tambrauw,dan semoga rakyat atau masyarakat tambrauw lah yang memilih figur-figur yang terbaik sesuai dengan hati nurani mereka konon masyarakat tambrauw.
Marthin Amarumollo   2011-07-05 15:54:48
Papua barat yg akan berpesta demokrasi namun kenyataannya tidak sesuai dengan kinerja para pemain politik yang tidak memberikan pendidikan politik demokrasi yang bermartabat karena ricuh seperti anak2 balita yg main kelereng

Kirim Komentar Anda


Komentar

Berita Terbaru

Tahun Depan, Pencairan KJP Gunakan E-Money
Dengan sistem itu, siswa tidak lagi mencairkan uang lewat ATM, tapi tinggal mendebet di mana pun ia membeli keperluan sekolah.

Angka Kekerasan Terhadap Anak di Jaktim Tinggi
Yakni 94 kasus kekerasan fisik, 12 kasus kekerasan psikis dan 459 kasus kekerasan seksual.

Jokowi Sambangi Kampung Nelayan Bengkulu
Presiden Joko Widodo mengunjungi kampung nelayan hingga pasar tradisional di Kota Bengkulu, Rabu (26/11/2014).

PSG Atasi Ajax 3-1
Itu merupakan gol perdana Ibrahimovic sejak ia kembali dari cedera tumit awal bulan ini, setelah nyaris dua bulan menepi.

City Lumat Muenchen 3-2
Sementara City berada di dasar klasemen dengan dua poin.