SOSIAL

Selasa, 22 Juni 2010, 20:14
Marinir Indonesia dan Amerika Baku Tembak

SOSIAL marinir
 

 
Baku tembak terjadi antara pasukan Marinir Amerika Serikat (AS) atau "United States Marine Corps" (USMC) dan Korps Marinir Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), Selasa (22/06/2010).

Tapi jangan kaget dulul, itu bukan baku tembak sungguhan. Itu hanya bagian dari latihan gabungan yang dilakukan kedua negara di bibir hutan Baluran, Kecamatan Banyu Putih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Staf Dinas Penerangan (Dispen) Korps Marinir Lettu Marinir Mardiono dalam rilis yang dilansir Antara, dari Situbondo melaporkan baku tembak itu merupakan bagian dari latihan bersama (latma) bertajuk "Interoperability Field Training Exercise (IIP-FTX) Marine Exercise (Marex) 2010."

"Sejumlah prajurit Marinir Indonesia-Amerika melakukan patroli dari arah yg berbeda, kemudian tiba-tiba terjadi perjumpaan antarkeduanya dan baku tembak pun tak dapat dielakkan di sebuah persimpangan jalan setapak yang terletak di bibir hutan Baluran," katanya.

Namun, katanya didampingi rekannya Serda Mar Kuwadi, pertempuran hebat itu hanya merupakan sebuah simulasi dalam latma yang dihelat sejak 19 Juni hingga 26 Juni 2010.

Setelah itu, para pelatih dari USMC membagikan ilmu perang kota, sehingga prajurit Marinir kedua negara itu saling belajar, karena pelatih dari Korps Marinir TNI AL telah membagi ilmu perang hutan pada latihan sebelumnya.

Latma itu sendiri meliputi latihan operasi amfibi, patroli tempur, tembak tempur, perang kota, sniper dan lain-lain, termasuk bakti sosial kesehatan di Puskesmas Wonorejo, Kecamatan Banyuputih dan renovasi gedung SDN 03 Banyuputih.

Kegiatan bergengsi itu melibatkan 496 prajurit Marinir Indonesia, 660 prajurit USMC, satu unit kapal perang USS Dubuque, 15 unit Assoult Amphibious Vehicles (AAV), dan dua unit Heli Cinox.

"Latma itu bertujuan meningkatkan keterampilan dan profesionalisme prajurit, sekaligus menciptakan hubungan persaudaraan yang erat `Marines Brotherhood` antara pasukan kedua negara serta untuk menjalin kerja sama militer di bidang pertahanan," katanya. (Btt/At) 

Belum Ada Komentar Buat Berita Ini

Kirim Komentar Anda


Komentar

Berita Terbaru

Barcelona Vs PSG, Menghapus Rekor Imbang
PSG harus kehilangan penyerang andalannya Zlatan Ibarhimovic

Rencana SBY Gugat UU PIlkada Dinilai Aneh
"Bos pemerintah itu Presiden, ya SBY. Partai, bosnya SBY partai terbesar, dimana legal standingnya,"

Juventus Pimpin Klasemen
Juventus unggul selisih gol 10-0 berbanding 9-1 atas AS Roma.

Gempa 5,1 SR Guncang Yalimo Papua
Gempa itu berada pada koordinat Lintang 2.70 derajat Lintang Selatan (LS) dan Bujur 139.42 derajat Bujur Timur (BT), dengan kedalaman 10 km.

Fauzi Bowo Ramah-tamah dengan Peserta Berlin Marathon 2014
Acara ini dihadiri oleh para peserta Berlin Marathon 2014 yang berasal dari Indonesia maupun pelari asal Indonesia yang berdomisili di Berlin yang berhasil mendapatkan tiket untuk mengikuti lomba lari bertaraf internasional ini.