KUNILER

Rabu, 22 Oktober 2008, 11:37
Tips Membuat Kaldu Ikan Agar Tidak Bau Amis

KUNILER resep
 

 
Ikan merupakan sumber nitrisi terbaik dan dikategorikan sbagai menu sehat dengan kandungan yang sempurna.

Namun terkadang rasa bau amis yang terdapat pada ikan membuat kita segan untuk menyantapnya, belum lagi kerap bau lumpur, hal tersebut dapat teratasi jika dalam pengolahannya tepat dan benar.

Misalnya untuk menghilangkan bau lumpur pada ikan buang insangnya sampai benar-benar bersih, dan cara lain yaitu dengan menggoreng ikan yang telah dibersihkan, kemudian masukkan sepotong kulit roti tawar kedalam minyak, dijamin bau lumpur dapat hilang.

Saat membersihkan ikan, kerap mendapatkan kesulitan dikarenakan licin, sehingga sulit untuk memegangnya. Agar tekstur licin dapat teratasi maka pergunakanlah garam pada telapak tangan yang gunakan untuk memegang ikan, niscaya rasa licin akan hilang dan tidak kesulitan dalam memegang ikan.

Untuk menghilangkan bau amis pada ikan, gunakan garam dan air jeruk dengan cara membaurkan garam dan air jeruk dan digosok-gosok pada bagian dalam ikan, pasti ikan akan bersih tanpa bau amis.

Kaldu ikan bisa didapatkan dari tulang ikan, agar bau amisnya menghilang, sebelum membuat kaldu terlebih dahulu menggoreng tulang ikannya dengan sedikit minyak agar kaldu ikan tidak terlalu berminyak.(Ndh/Drl)



Berita Terbaru

JK: Tak Ada Batas Waktu Pencarian Pesawat AirAsia
Pemerintah tak memberikan batasan waktu pencarian pesawat yang sampai kini belum diketahui keberadaannya.

Plaza Atrium Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 1,5 Miliar
Sebanyak empat toko di pusat perbelanjaan itu hangus dilalap si jago merah.

Basarnas Butuh Pinjam Alat Pencarian AisAsia QZ 8501
Beberapa peralatan yang diperlukan adalah pendeteksi "Emergency Locator Transmitter" (ELT) dan alat penindaklanjut temuan.

Pencarian AirAsia Terus Dimaksimalkan
Kapal-kapal yang ada di sekitar lokasi seperti kapal nelayan juga diharapkan bisa membentu dalam memberikan informasi sehingga bisa diperoleh titik cerah dalam pencarian tersebut.

Kebakaran di Tugu Selatan Hanguskan 5 Rumah
Salah seorang saksi mata, Karno (43) warga RT 01/05, mengatakan, awalnya melihat kepulan asap sekitar pukul 17.30 wib sore.