KUNILER

Rabu, 22 Oktober 2008, 11:37
Tips Membuat Kaldu Ikan Agar Tidak Bau Amis

KUNILER resep
 

 
Ikan merupakan sumber nitrisi terbaik dan dikategorikan sbagai menu sehat dengan kandungan yang sempurna.

Namun terkadang rasa bau amis yang terdapat pada ikan membuat kita segan untuk menyantapnya, belum lagi kerap bau lumpur, hal tersebut dapat teratasi jika dalam pengolahannya tepat dan benar.

Misalnya untuk menghilangkan bau lumpur pada ikan buang insangnya sampai benar-benar bersih, dan cara lain yaitu dengan menggoreng ikan yang telah dibersihkan, kemudian masukkan sepotong kulit roti tawar kedalam minyak, dijamin bau lumpur dapat hilang.

Saat membersihkan ikan, kerap mendapatkan kesulitan dikarenakan licin, sehingga sulit untuk memegangnya. Agar tekstur licin dapat teratasi maka pergunakanlah garam pada telapak tangan yang gunakan untuk memegang ikan, niscaya rasa licin akan hilang dan tidak kesulitan dalam memegang ikan.

Untuk menghilangkan bau amis pada ikan, gunakan garam dan air jeruk dengan cara membaurkan garam dan air jeruk dan digosok-gosok pada bagian dalam ikan, pasti ikan akan bersih tanpa bau amis.

Kaldu ikan bisa didapatkan dari tulang ikan, agar bau amisnya menghilang, sebelum membuat kaldu terlebih dahulu menggoreng tulang ikannya dengan sedikit minyak agar kaldu ikan tidak terlalu berminyak.(Ndh/Drl)



Berita Terbaru

Soal Saksi untuk Budi Gunawan, KPK Bakal Konsultasi ke Presiden
Beredar kabar, tidak hadirnya saksi dari Kepolisian karena adanya Telegram Rahasia (TR)

Jokowi Ngaku Didukung Prabowo
"Beliau menyampaikan dukungan penuhnya kepada pemerintahan sekarang,"

Kamis Pagi Rupiah Melemah
Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Kamis (29/1/2015) pagi bergerak melemah sebesar 44 poin menjadi Rp12.529

Hujan Bakal Warnai Jakarta Hari Ini
Jakarta Pusat yang sedikit berawan di pagi hari akan diguyur hujan dengan intensitas ringan pada siang hari dan kembali berawan di malam hari.

Kalahkan Atletico 3-2, Barca ke Semifinal
Pertandingan dengan skor agregat 4-2 untuk keunggulan Barcelona tersebut berjalan sengit, yang diawali gol cepat Fernando Torres pada menit pertama.