KUNILER

Rabu, 22 Oktober 2008, 11:37
Tips Membuat Kaldu Ikan Agar Tidak Bau Amis

KUNILER resep
 

 
Ikan merupakan sumber nitrisi terbaik dan dikategorikan sbagai menu sehat dengan kandungan yang sempurna.

Namun terkadang rasa bau amis yang terdapat pada ikan membuat kita segan untuk menyantapnya, belum lagi kerap bau lumpur, hal tersebut dapat teratasi jika dalam pengolahannya tepat dan benar.

Misalnya untuk menghilangkan bau lumpur pada ikan buang insangnya sampai benar-benar bersih, dan cara lain yaitu dengan menggoreng ikan yang telah dibersihkan, kemudian masukkan sepotong kulit roti tawar kedalam minyak, dijamin bau lumpur dapat hilang.

Saat membersihkan ikan, kerap mendapatkan kesulitan dikarenakan licin, sehingga sulit untuk memegangnya. Agar tekstur licin dapat teratasi maka pergunakanlah garam pada telapak tangan yang gunakan untuk memegang ikan, niscaya rasa licin akan hilang dan tidak kesulitan dalam memegang ikan.

Untuk menghilangkan bau amis pada ikan, gunakan garam dan air jeruk dengan cara membaurkan garam dan air jeruk dan digosok-gosok pada bagian dalam ikan, pasti ikan akan bersih tanpa bau amis.

Kaldu ikan bisa didapatkan dari tulang ikan, agar bau amisnya menghilang, sebelum membuat kaldu terlebih dahulu menggoreng tulang ikannya dengan sedikit minyak agar kaldu ikan tidak terlalu berminyak.(Ndh/Drl)



Berita Terbaru

Tabrak Truk Trailer, 3 Penumpang Livina Tewas
Kecelakaan maut terjadi di Jalan Tol JORR Cakung-Cilincing KM 60 A, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (29/8/2014) dinihari sekitar pukul 05.00.

1.101 Kasus DBD Terjadi di Jakarta Barat
Sejak Januari hingga Mei, tercatat sedikitnya 1.101 kasus demam berdarah dengue (DBD) terjadi di Jakarta Barat.

Brad Pitt Nikahi Angelina Jolie
Upacara pernikahan yang dilakukan secara diam-diam dan private tersebut dihadiri oleh keluarga dan teman-teman.

Prabowo Pimpin Upacara Pelepasan Jenazah Almarhum Suhardi
Jenazah Suhardi akan dibawa dari DPP Gerindra Jakarta langsung menuju ke rumah duka almarhum yang berada di Cikaldempet Kayen Gang Dahlia 90, Jl Kaliurang Km 7,5 Yogyakarta.

29 Bus Transjakarta Merek Yutong Ditarik
Rencananya, penarikan bus Transjakarta bermerek Yutong akan dilakukan mulai hari ini, Jumat (29/8/2014).