KUNILER

Rabu, 22 Oktober 2008, 11:37
Tips Membuat Kaldu Ikan Agar Tidak Bau Amis

KUNILER resep
 

 
Ikan merupakan sumber nitrisi terbaik dan dikategorikan sbagai menu sehat dengan kandungan yang sempurna.

Namun terkadang rasa bau amis yang terdapat pada ikan membuat kita segan untuk menyantapnya, belum lagi kerap bau lumpur, hal tersebut dapat teratasi jika dalam pengolahannya tepat dan benar.

Misalnya untuk menghilangkan bau lumpur pada ikan buang insangnya sampai benar-benar bersih, dan cara lain yaitu dengan menggoreng ikan yang telah dibersihkan, kemudian masukkan sepotong kulit roti tawar kedalam minyak, dijamin bau lumpur dapat hilang.

Saat membersihkan ikan, kerap mendapatkan kesulitan dikarenakan licin, sehingga sulit untuk memegangnya. Agar tekstur licin dapat teratasi maka pergunakanlah garam pada telapak tangan yang gunakan untuk memegang ikan, niscaya rasa licin akan hilang dan tidak kesulitan dalam memegang ikan.

Untuk menghilangkan bau amis pada ikan, gunakan garam dan air jeruk dengan cara membaurkan garam dan air jeruk dan digosok-gosok pada bagian dalam ikan, pasti ikan akan bersih tanpa bau amis.

Kaldu ikan bisa didapatkan dari tulang ikan, agar bau amisnya menghilang, sebelum membuat kaldu terlebih dahulu menggoreng tulang ikannya dengan sedikit minyak agar kaldu ikan tidak terlalu berminyak.(Ndh/Drl)



Berita Terbaru

28 Kilogram Sabu Dimusnahkan BNN
"Dari seluruh kasus itu juga, kami meringkus delapan pelaku,"

Besok, Ahok Bersaksi di Pengadilan Tipikor
"Saya memang diminta jaksa menjadi saksi yang memberatkan,"

Leicester Makin Moncer, MU Mulai Bangkit
Jamie Vardy menjadi pahlawan Leicester dengan menciptakan dua gol ke gawang Liverpool, pada menit ke-60 dan menit ke-71.

Buronan Narkoba Jakut Dibekuk di Pesantren
Rio diamankan di Pesantren Cigandeng, Pandeglang, Banten, sekitar pukul 20.50 WIB

Hujan Guyur Jakarta, Beberapa Wilayah Tergenang
Selain genangan, BPBD Jakarta juga menginformasikan pohon tumbang di Jalan Jenderal Sudirman,