KUNILER

Rabu, 22 Oktober 2008, 11:37
Tips Membuat Kaldu Ikan Agar Tidak Bau Amis

KUNILER resep
 

 
Ikan merupakan sumber nitrisi terbaik dan dikategorikan sbagai menu sehat dengan kandungan yang sempurna.

Namun terkadang rasa bau amis yang terdapat pada ikan membuat kita segan untuk menyantapnya, belum lagi kerap bau lumpur, hal tersebut dapat teratasi jika dalam pengolahannya tepat dan benar.

Misalnya untuk menghilangkan bau lumpur pada ikan buang insangnya sampai benar-benar bersih, dan cara lain yaitu dengan menggoreng ikan yang telah dibersihkan, kemudian masukkan sepotong kulit roti tawar kedalam minyak, dijamin bau lumpur dapat hilang.

Saat membersihkan ikan, kerap mendapatkan kesulitan dikarenakan licin, sehingga sulit untuk memegangnya. Agar tekstur licin dapat teratasi maka pergunakanlah garam pada telapak tangan yang gunakan untuk memegang ikan, niscaya rasa licin akan hilang dan tidak kesulitan dalam memegang ikan.

Untuk menghilangkan bau amis pada ikan, gunakan garam dan air jeruk dengan cara membaurkan garam dan air jeruk dan digosok-gosok pada bagian dalam ikan, pasti ikan akan bersih tanpa bau amis.

Kaldu ikan bisa didapatkan dari tulang ikan, agar bau amisnya menghilang, sebelum membuat kaldu terlebih dahulu menggoreng tulang ikannya dengan sedikit minyak agar kaldu ikan tidak terlalu berminyak.(Ndh/Drl)



Belum Ada Komentar Buat Berita Ini

Kirim Komentar Anda


Komentar

Berita Terbaru

Kartu BPJS Dibagikan ke Penghuni Lapas Pondok Bambu
Sebanyak 13.322 warga binaan di 6 lapas/rutan di DKI Jakarta, diberikan kartu BPJS

Iwan Fals Temui Jokowi
Iwan mengatakan pemerintah lebih tahu mengenai lokasi yang bisa digunakan untuk konser dengan perkiraan jumlah penonton sampai empat juta.

244 Pelaku Kejahatan Dibekuk Polda Metro Jaya
Aparat Polda Metro Jaya bersama jajaran Polres dan Polsek menangkap 244 pelaku kejahatan pencurian dengan kekerasan

Djarot Tetap Fokus Kerja
Mantan Walikota Blitar ini mengaku lebih memilih fokus bekerja dan melayani warga Jakarta.

Jakarta Dibayangi Hujan Ringan Hari Ini
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah DKI Jakarta akan diguyur hujan dengan intenaitas ringan sepanjang hari ini, Jumat (27/2/2015).