EKONOMI

Rabu, 30/12/2015, 16:50
BBM Turun Harga lagi, Tarif Angkutan Umum Turun Gak?

EKONOMI BBM
 

bbm-turun-harga-lagi-tarif-angkutan-umum-turun-gak
BERITA TERKAIT
 
Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan penyesuaian tarif angkutan mengikuti penurunan harga bahan bakar minyak masih menunggu arahan Kementerian Perhubungan. “Dari Kementerian belum ada arahan untuk menurunkan tarif,” katanya di Bandung, seperti yang dikutip Tempo.co Selasa, 29 Desember 2015.

Dedi mengaku memilih menunggu untuk menyesuaikan tarif. Salah satu alasannya, harga BBM bersubsidi bisa berubah sewaktu-waktu. “Kita tunggu,” katanya.

Menurut Dedi, penyesuaian tarif akan dilakukan jika terjadi penurunan tarif angkutan untuk angkutan kota antarprovinsi (AKAP) yang penetapan tarifnya ditetapkan Kementerian Perhubungan. “Kalau AKAP ada penyesuaian, kami akan ikuti karena AKDP (angkutan kota dalam provinsi) sebagai feeder-nya,” ujarnya.

Dedi mengatakan penyesuaian tarif dilakukan dengan mempertimbangkan, salah satunya, harga BBM, ongkos operasi penyedia jasa transportasi, serta pajak. Pemerintah provinsi menetapkan tarif batas atas dan batas bawah AKDP untuk angkutan umum kelas ekonomi.

Pemerintah mengumumkan akan menurunkan harga BBM pada 5 Januari 2016. Harga baru itu diumumkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said pada 23 Desember 2015.

Harga Premium turun Rp 150 dari Rp 7.300 menjadi Rp 7.150 per liter untuk wilayah di luar Jawa, Madura, dan Bali. Sedangkan di Jawa, Madura, dan Bali, harga Premium menjadi Rp 7.250 per liter.

Adapun harga solar, yang sebelumnya Rp 6.700 per liter, turun menjadi Rp 5.950 per liter. Harga solar ini berlaku di seluruh wilayah Indonesia. (Ans/Tem)

Berita Terbaru

Aksi Heroik Pasukan Orange Saat Banjir
Seolah tiada lelah, petugas PPSU terus bekerja dengan keikhlasan,ketulusan dan tanpa pamrih membantu warga Ibukota.

Lurah Pekojan Pantau Genangan di Wilayahnya
Titik banjir sudah tak ada lagi. Genangan yang ada pun kemarin sudah cepat surut,

Arsenal Dibantai Muenchen 5-1
Kemenangan besar Muenchen ini membuat Arsenal sulit melangkah ke babak delapan final

AHY Ngaku Kalah dan Tetap Bersyukur
Saya bangga kepada para pendukung, tetaplah tegar jangan kecil hati. Percayalah semua ada hikmahnya,

Prabowo: Pilkada DKI Simbol Perjuangan Keadilan dan Kejujuran
Ini sudah menjadi simbol pertarungan untuk memprjuangkan keadilan, kebenaran dan kejujuran