METRO

Rabu, 21/08/2013, 12:02
Rupiah Terus Anjlok, Pemerintah Siaga Dampak Krisis

METRO Ekonomi
 

rupiah-terus-anjlok-pemerintah-siaga-dampak-krisis Ilustrasi
BERITA TERKAIT
 
Imbas dari gejolak perekonomian dunia membuat indeks harga saham gabungan (IHSG) dan nilai tukar rupiah terhdap dollar amerika terus merosot. Kondisi ini dikhawatirkan akan berdampak pada perekonomian nasional.

Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi, Firmanzah menjelaskan, untuk mengantisipasi krisis ekonomi, langkah dan kebijakan pemerintah yang dilakukan pada 2008 lalu akan coba dilakukan kembali mulai saat ini.

"Hal itu juga akan dilakukan pada saat-saat ini, bagaimana penguatan kebijakan fiskal dan korelasinya terhadap kebijakan moneter, beberapa waktu yang lalu BI juga sudah menaikkan BI rate, kemudian juga telah akan dikoordinasikan kepada pemerintah nantinya," tuturnya di Kantor Presiden, Rabu (21/8).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, menambahkan pemerintah kini tengah menyusun kebijakan strategis guna merespon gejolak tersebut. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bahkan memanggil para menteri terkait untuk membahas tindak lanjut dari penanganan ekonomi nasional saat ini.

"Intinya kita policy response kita, yang jelas pemerintah memperhatikan terus dan menyiapkan policy response," ucap Hatta saat menghadiri rapat kabinet terbatas.

Dengan tindakan yang dilakukan itu, dia mengklaim bahwa pemerintah masih melakukan upaya-upaya dalam mengurangi tekanan global terhadap perekonomian nasional.

"Jadi tidak betul kalau kita tidak melakukan langkah-langkah untuk mengatasi situasi perekonomian kita yang sedang mengalami tekanan karena situasi global," tandasnya. (ags/mdk)


Berita Terbaru

Udar Pristono Bakal Dijerat Pasal Pencucian Uang
"Ya ditelusuri follow the money yang bersangkutan,"

Tiga Hakim PN Jakbar Dilaporkan ke KY
"Hakim jujur dan baik adalah wakil Tuhan di dunia, tapi kalau hakim curang dan nakal adalah wakil setan di dunia,"

PDIP Gelar Rakernas di Semarang
Agendanya antara lain, mengukuhkan perubahan sikap politik partainya yang mendukung pemerintahan mendatang.

29 Anggota DPRD DKI Gadaikan SK
Sebanyak 29 orang dari 106 anggota DPRD DKI Jakarta diketahui telah menggadaikan SK pengangkatannya ke Bank DKI.

Presiden SBY Kunjungi Portugal
SBY selama di Portugal akan bertemu dengan Presiden Portugal Anibal Cavaco Silva, Perdana Menteri Pedro Passos Coelho, dan Ketua Parlemen Portugal Maria Assuncao Esteves.