TRAVEL SOSIAL PENDIDIKAN GAYA HIDUP BERITA ANDA KONGKOW METRO ROAD TO GERMANY

METRO

Rabu, 21/08/2013, 12:02
Rupiah Terus Anjlok, Pemerintah Siaga Dampak Krisis

METRO Ekonomi
 

rupiah-terus-anjlok-pemerintah-siaga-dampak-krisis Ilustrasi
BERITA TERKAIT
 
Imbas dari gejolak perekonomian dunia membuat indeks harga saham gabungan (IHSG) dan nilai tukar rupiah terhdap dollar amerika terus merosot. Kondisi ini dikhawatirkan akan berdampak pada perekonomian nasional.

Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi, Firmanzah menjelaskan, untuk mengantisipasi krisis ekonomi, langkah dan kebijakan pemerintah yang dilakukan pada 2008 lalu akan coba dilakukan kembali mulai saat ini.

"Hal itu juga akan dilakukan pada saat-saat ini, bagaimana penguatan kebijakan fiskal dan korelasinya terhadap kebijakan moneter, beberapa waktu yang lalu BI juga sudah menaikkan BI rate, kemudian juga telah akan dikoordinasikan kepada pemerintah nantinya," tuturnya di Kantor Presiden, Rabu (21/8).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, menambahkan pemerintah kini tengah menyusun kebijakan strategis guna merespon gejolak tersebut. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bahkan memanggil para menteri terkait untuk membahas tindak lanjut dari penanganan ekonomi nasional saat ini.

"Intinya kita policy response kita, yang jelas pemerintah memperhatikan terus dan menyiapkan policy response," ucap Hatta saat menghadiri rapat kabinet terbatas.

Dengan tindakan yang dilakukan itu, dia mengklaim bahwa pemerintah masih melakukan upaya-upaya dalam mengurangi tekanan global terhadap perekonomian nasional.

"Jadi tidak betul kalau kita tidak melakukan langkah-langkah untuk mengatasi situasi perekonomian kita yang sedang mengalami tekanan karena situasi global," tandasnya. (ags/mdk)


Berita Terbaru

Messi Cetak Rekor Gol untuk Argentina
Kesempatan Messi untuk menambah pundi golnya masih terbuka saat Argentina berlaga pada pertandingan final

DPR Telusuri Kehidupan Keluarga Tito Karnavian
"Anak-anak saya tak bisa ikut mendampingi karena sedang ujan sekolah di Singapura,"

Ahok Ingin Jakarta Lebih Manusiawi, Aman dan Nyaman
"Semakin tua, semoga Jakarta tambah bijaksana,"

Dituntut 4 Tahun, Penipu Saham Toko Gunung Agung Ajukan Pledoi
"Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penipuan, sebagaimana diatur dalam Pasal 378 Jo Pasal 55 ayat (1) KUHP,"

PN Jakpus Siap Bersinergi dengan Media
"Kita adalah rekan kerja, kami juga perlu masukan dari rekan wartawan dalam bertugas."