METRO

Rabu, 21/08/2013, 12:02
Rupiah Terus Anjlok, Pemerintah Siaga Dampak Krisis

METRO Ekonomi
 

rupiah-terus-anjlok-pemerintah-siaga-dampak-krisis Ilustrasi
BERITA TERKAIT
 
Imbas dari gejolak perekonomian dunia membuat indeks harga saham gabungan (IHSG) dan nilai tukar rupiah terhdap dollar amerika terus merosot. Kondisi ini dikhawatirkan akan berdampak pada perekonomian nasional.

Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi, Firmanzah menjelaskan, untuk mengantisipasi krisis ekonomi, langkah dan kebijakan pemerintah yang dilakukan pada 2008 lalu akan coba dilakukan kembali mulai saat ini.

"Hal itu juga akan dilakukan pada saat-saat ini, bagaimana penguatan kebijakan fiskal dan korelasinya terhadap kebijakan moneter, beberapa waktu yang lalu BI juga sudah menaikkan BI rate, kemudian juga telah akan dikoordinasikan kepada pemerintah nantinya," tuturnya di Kantor Presiden, Rabu (21/8).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, menambahkan pemerintah kini tengah menyusun kebijakan strategis guna merespon gejolak tersebut. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bahkan memanggil para menteri terkait untuk membahas tindak lanjut dari penanganan ekonomi nasional saat ini.

"Intinya kita policy response kita, yang jelas pemerintah memperhatikan terus dan menyiapkan policy response," ucap Hatta saat menghadiri rapat kabinet terbatas.

Dengan tindakan yang dilakukan itu, dia mengklaim bahwa pemerintah masih melakukan upaya-upaya dalam mengurangi tekanan global terhadap perekonomian nasional.

"Jadi tidak betul kalau kita tidak melakukan langkah-langkah untuk mengatasi situasi perekonomian kita yang sedang mengalami tekanan karena situasi global," tandasnya. (ags/mdk)


Berita Terbaru

Dihukum Empat Tahun Penjara, Atut Menangis
"Saya tidak bersalah, hukuman ini terlalu berat bagi saya. Keluarga saya sudah menerima hukuman moral dalam kasus ini,"

Polda Metro Jaya 'Sita' Lamborghini Haji Lulung
"Mulai tadi malam kita sita. Namun, nanti urusan registrasi dan administrasinya lengkap, ya kita kembalikan,"

Unggung Cahyono Jadi Kapolda Metro Jaya
Irjen Pol Dwi Prayitno dikabarkan akan ditempatkan sebagai Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri

SBY Terima Mantan PM Jepang
Fukuda yang kini menjabat Presiden Asosiasi Jepang-Indonesia diterima sekitar pukul 09.00 WIB.

Zulfikri dan Vina Abnon Jakarta 2014
Fikri yang mewakili Kepulauan Seribu dan Vina yang mewakili Jakarta Selatan itu, dinobatkan juri sebagai juara Abnon Jakarta 2014.