METRO

Rabu, 21/08/2013, 12:02
Rupiah Terus Anjlok, Pemerintah Siaga Dampak Krisis

METRO Ekonomi
 

rupiah-terus-anjlok-pemerintah-siaga-dampak-krisis Ilustrasi
BERITA TERKAIT
 
Imbas dari gejolak perekonomian dunia membuat indeks harga saham gabungan (IHSG) dan nilai tukar rupiah terhdap dollar amerika terus merosot. Kondisi ini dikhawatirkan akan berdampak pada perekonomian nasional.

Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi, Firmanzah menjelaskan, untuk mengantisipasi krisis ekonomi, langkah dan kebijakan pemerintah yang dilakukan pada 2008 lalu akan coba dilakukan kembali mulai saat ini.

"Hal itu juga akan dilakukan pada saat-saat ini, bagaimana penguatan kebijakan fiskal dan korelasinya terhadap kebijakan moneter, beberapa waktu yang lalu BI juga sudah menaikkan BI rate, kemudian juga telah akan dikoordinasikan kepada pemerintah nantinya," tuturnya di Kantor Presiden, Rabu (21/8).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, menambahkan pemerintah kini tengah menyusun kebijakan strategis guna merespon gejolak tersebut. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bahkan memanggil para menteri terkait untuk membahas tindak lanjut dari penanganan ekonomi nasional saat ini.

"Intinya kita policy response kita, yang jelas pemerintah memperhatikan terus dan menyiapkan policy response," ucap Hatta saat menghadiri rapat kabinet terbatas.

Dengan tindakan yang dilakukan itu, dia mengklaim bahwa pemerintah masih melakukan upaya-upaya dalam mengurangi tekanan global terhadap perekonomian nasional.

"Jadi tidak betul kalau kita tidak melakukan langkah-langkah untuk mengatasi situasi perekonomian kita yang sedang mengalami tekanan karena situasi global," tandasnya. (ags/mdk)


Berita Terbaru

Ucapan Belawa Sungkawa dari Para Artis untuk Olga Syahputra
Hastagh #RIPOlgaSyahputra menjadi tren topik dunia atas respon kesedihan para penggemar Olga

Olga Syahputra akan Dimakamkan di Pondok Kelapa
Sang adik, Billy Syahputra, disebut belum bisa banyak bicara karena terpukul oleh duka yang mendalam

Olga Syahputra Meninggal Dunia
RIP Olga Syahputra. Meninggal tadi jam 2 siang waktu Singapura. Semoga Tuhan mengampuni dosa dosa dan kesalahannya.,

Tak Lantik Budi Gunawan, Jokowi Bisa Terjebak Pelanggaran Hukum
"Presiden telah menabrak UU dan putusan pengadilan. Ini identik dengan melakukan kejahatan jabatan (abuse of power),"

Brasil Hantam Prancis 3-1
Neymar mengantarkan Brasil berbalik menang 3-1 melawan Prancis dalam laga persahabatan di Paris, Jumat (27/3/2015) dini hari tadi. Brasil tidak terkalahkan sejak Carlos Dunga menangani lagi timnas.