METRO

Rabu, 21/08/2013, 12:02
Rupiah Terus Anjlok, Pemerintah Siaga Dampak Krisis

METRO Ekonomi
 

rupiah-terus-anjlok-pemerintah-siaga-dampak-krisis Ilustrasi
BERITA TERKAIT
 
Imbas dari gejolak perekonomian dunia membuat indeks harga saham gabungan (IHSG) dan nilai tukar rupiah terhdap dollar amerika terus merosot. Kondisi ini dikhawatirkan akan berdampak pada perekonomian nasional.

Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi, Firmanzah menjelaskan, untuk mengantisipasi krisis ekonomi, langkah dan kebijakan pemerintah yang dilakukan pada 2008 lalu akan coba dilakukan kembali mulai saat ini.

"Hal itu juga akan dilakukan pada saat-saat ini, bagaimana penguatan kebijakan fiskal dan korelasinya terhadap kebijakan moneter, beberapa waktu yang lalu BI juga sudah menaikkan BI rate, kemudian juga telah akan dikoordinasikan kepada pemerintah nantinya," tuturnya di Kantor Presiden, Rabu (21/8).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, menambahkan pemerintah kini tengah menyusun kebijakan strategis guna merespon gejolak tersebut. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bahkan memanggil para menteri terkait untuk membahas tindak lanjut dari penanganan ekonomi nasional saat ini.

"Intinya kita policy response kita, yang jelas pemerintah memperhatikan terus dan menyiapkan policy response," ucap Hatta saat menghadiri rapat kabinet terbatas.

Dengan tindakan yang dilakukan itu, dia mengklaim bahwa pemerintah masih melakukan upaya-upaya dalam mengurangi tekanan global terhadap perekonomian nasional.

"Jadi tidak betul kalau kita tidak melakukan langkah-langkah untuk mengatasi situasi perekonomian kita yang sedang mengalami tekanan karena situasi global," tandasnya. (ags/mdk)


Berita Terbaru

Pengamat: HM Prasetyo Mesti Berani Restorasi Kejaksaan
"Jika dia tak mampu melakukan perubahan dalam pemberantasan korupsi, lebih baik kejaksaan tanpa Jaksa Agung."

Waspada! 21 Persen Makanan di Jakarta Tidak Layak Konsumsi
Kepala BBPOM DKI, Dewi Prawitasari mengatakan,perngecekan terhadap 31 pasar itu dilakukan sejak Januari hingga Oktober 2014.

Timnas Indonesia Siap 100 Persen
Jumat petang Firman Utina dan kawan-kawan hanya melakukan latihan ringan selama satu jam.

Pemprov DKI Bakal Bangun Underpass di Kota Tua
Underpass yang berada di bawah rel kereta api Jalan Kunir ini diharapkan menjadi jalur alternatif setelah jalur utama di kawasan Kota Tua ditutup tahun depan.

Berton-ton Sampah Diangkut dari Kali Ciliwung
Salah satu lokasi tumpukan sampah akibat banjir kiriman terlihat di kolong Jembatan Rawa Jati, Kalibata, Jakarta Selatan.