EKONOMI

Kamis, 15/08/2013, 23:30
Besaran UMP 2014 Berpatokan Pada Angka Inflasi

EKONOMI Apindo, Buruh, UMP 2014
 

besaran-ump-2014-berpatokan-pada-angka-inflasi
BERITA TERKAIT
 
Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Serikat Buruh menyepakati besaran kenaikan UMP 2014 nanti, berdasarkan pada angka inflasi.

"Percuma kalau upah naik, dulunya bisa beli 15 dus mie instan tapi sekarang hanya bisa beli 10 dus, kami maunya kenaikan upah itu secara riil," kata Presiden Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI)  Mudhofir, Kamis (15/8), usai bertemu dengan Menteri Perindustrian MS Hidayat.

KBSI dan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) serta Apindo, menemui Menperin MS Hidayat untuk membicarakan perubahan upah minimum provinsi (UMP) tahun 2014.

Dalam pertemuan itu Apindo, KBSI dan KSPI sepakat untuk akan duduk bersama membicarakan perubahan UMP 2014 nanti.

"Pak Menteri menyampaikan agar kami bekerja sama menemukan jalan keluarnya seperti apa," kata Ketua Umum Apindo, Sofjan Wanandi.

Sementara Presiden KSBSI Mudhofir dan Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea sepakat akan bersikap terbuka terhadap perundingan bipartit mengenai UMP 2014.

"Pertumbuhan ekonomi ke depan diperkirakan turun, oleh sebab itu kita harus membicarakan bagaimana baiknya agar investasi tetap tumbuh sehingga kebutuhan akan tenaga kerja tetap tinggi," kata Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea.

Serikat buruh berjanji akan mengedepankan kepentingan bersama dan mengesampingkan ego pada saat perundingan nanti. (ans/aef)


Berita Terbaru

Polda Metro Siap Amankan Event Jakarta Marathon 2014
""ersama panitia, kita mengantisipasi adanya ancaman, gangguan dan kemungkinan sabotase."

Real Madrid Vs Barcelona, Ancelotti Yakin Menang
"Selalu sulit untuk bermain melawan Barca, tapi saya yakin kami akan bermain dengan baik. Tim ini telah pulih."

Boni Hargens Apresiasi Langkah Jokowi Libatkan KPK dan PPATK
Jokowi memperlihatkan keseriusannya dalam mewujudkan kabinet bersih. Tidak ada yang salah dengan semua itu.

Tiga Rektor Ditimang Jadi Menteri Pendidikan?
Presiden Joko Widodo memanggil Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan dan Rektor UGM Pratikno. Mungkinkah diantara keduanya bakal menjadi Menteri di Kabinet Trisakti?

Rumah Dinas Gubernur DKI Jadi Destinasi Wisata
Kebijakan itu diambil Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama setelah dirinya memutuskan tidak akan menetap di rumah bergaya kolonial Belanda tersebut.