TRAVEL SOSIAL PENDIDIKAN GAYA HIDUP BERITA ANDA KONGKOW METRO ROAD TO GERMANY

SOSIAL

Rabu, 05/06/2013, 22:34
Pemerintah Bakal Luncurkan Kartu Perlindungan Sosial

SOSIAL KPS, Agung Laksono
 

pemerintah-bakal-luncurkan-kartu-perlindungan-sosial
BERITA TERKAIT
 
Pemerintah berencana akan meluncurkan kartu perlindungan sosial (KPS) untuk 15,5 juta rumah tangga miskin dan rentan di Indonesia.

Menurut Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono, KPS ini akan digunakan sebagai penanda rumah tangga miskin dan rentan serta dapat digunakan untuk mendapatkan manfaat program perlindungan sosial.

"Program perlindungan sosial diantaranya program subsidi beras bagi masyarakat berpendapatan rendah atau yang dikenal sebagi program raskin," ujar Agung, Rabu (5/6) di Jakarta.

Peluncuran KPS, kata Agung, merupakan upaya perbaikan pelaksanaan program perlindungan sosial agar penerima manfaat dari program tersebut lebih tepat sasaran dan benar-benar hanya diterima oleh mereka yang berhak.

"KPS akan dikirimkan oleh PT Pos Indonesia langsung ke alamat rumah tangga penerima," katanya.

KPS itu memuat informasi nama kepala rumah tangga, nama pasangan kepala rumah tangga, nama anggota rumah tangga lain, alamat rumah tangga, nomor kartu keluarga, dilengkapi kode batang (barcode) beserta nomor identitas KPS yang unik sehingga lebih aman dan tidak dapat digandakan.

Sebagai penanda rumah tangga miskin, pemegang KPS berhak mendapatkan program raskin dan juga nantinya program perlindungan sosial lain yang termasuk dalam program perluasan dan percepatan perlindungan sosial dan program kompensask khusus yang saat ini diusulkan pemerintah melalui APBN-P 2013 dan sedang dibahas oleh DPR. (ans/ant)


Berita Terbaru

Messi Cetak Rekor Gol untuk Argentina
Kesempatan Messi untuk menambah pundi golnya masih terbuka saat Argentina berlaga pada pertandingan final

DPR Telusuri Kehidupan Keluarga Tito Karnavian
"Anak-anak saya tak bisa ikut mendampingi karena sedang ujan sekolah di Singapura,"

Ahok Ingin Jakarta Lebih Manusiawi, Aman dan Nyaman
"Semakin tua, semoga Jakarta tambah bijaksana,"

Dituntut 4 Tahun, Penipu Saham Toko Gunung Agung Ajukan Pledoi
"Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penipuan, sebagaimana diatur dalam Pasal 378 Jo Pasal 55 ayat (1) KUHP,"

PN Jakpus Siap Bersinergi dengan Media
"Kita adalah rekan kerja, kami juga perlu masukan dari rekan wartawan dalam bertugas."