SOSIAL

Rabu, 05/06/2013, 22:34
Pemerintah Bakal Luncurkan Kartu Perlindungan Sosial

SOSIAL KPS, Agung Laksono
 

pemerintah-bakal-luncurkan-kartu-perlindungan-sosial
BERITA TERKAIT
 
Pemerintah berencana akan meluncurkan kartu perlindungan sosial (KPS) untuk 15,5 juta rumah tangga miskin dan rentan di Indonesia.

Menurut Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono, KPS ini akan digunakan sebagai penanda rumah tangga miskin dan rentan serta dapat digunakan untuk mendapatkan manfaat program perlindungan sosial.

"Program perlindungan sosial diantaranya program subsidi beras bagi masyarakat berpendapatan rendah atau yang dikenal sebagi program raskin," ujar Agung, Rabu (5/6) di Jakarta.

Peluncuran KPS, kata Agung, merupakan upaya perbaikan pelaksanaan program perlindungan sosial agar penerima manfaat dari program tersebut lebih tepat sasaran dan benar-benar hanya diterima oleh mereka yang berhak.

"KPS akan dikirimkan oleh PT Pos Indonesia langsung ke alamat rumah tangga penerima," katanya.

KPS itu memuat informasi nama kepala rumah tangga, nama pasangan kepala rumah tangga, nama anggota rumah tangga lain, alamat rumah tangga, nomor kartu keluarga, dilengkapi kode batang (barcode) beserta nomor identitas KPS yang unik sehingga lebih aman dan tidak dapat digandakan.

Sebagai penanda rumah tangga miskin, pemegang KPS berhak mendapatkan program raskin dan juga nantinya program perlindungan sosial lain yang termasuk dalam program perluasan dan percepatan perlindungan sosial dan program kompensask khusus yang saat ini diusulkan pemerintah melalui APBN-P 2013 dan sedang dibahas oleh DPR. (ans/ant)


Berita Terbaru

29 Bus Transjakarta Merek Yutong Ditarik
Rencananya, penarikan bus Transjakarta bermerek Yutong akan dilakukan mulai hari ini, Jumat (29/8/2014).

Cristiano Ronaldo Jadi Pemain Terbaik Eropa
Pemain Portugal tersebut dianugerahi penghargaan itu setelah satu musim kompetisi yang istimewa, dimana bersama timnya ia memenangkan Piala Eropa dan Piala Raja.

Ketum Gerindra, Suhardi Tutup Usia
Keterangan dari Humas Partai Gerindra, jenazah akan diberangkatkan ke Yogyakarta Jumat (29/8/2014) pukul 08.00 WIB.

Nih Dia 10 Tim Lolos ke Fase Grup Liga Champions
Arsenal, Bayer Leverkusen, Porto dan Zenit St Petersburg adalah klub-klub yang termasuk lolos.

Kawal Pemerintahan Jokowi, Relawan Prabowo Bakal Dipermanenkan
"Melalui tim relawan permanen ini kita akan terus kawal dan advokasi semua kebijakan Jokowi-JK yang menyeleweng."