SOSIAL

Rabu, 05/06/2013, 22:34
Pemerintah Bakal Luncurkan Kartu Perlindungan Sosial

SOSIAL KPS, Agung Laksono
 

pemerintah-bakal-luncurkan-kartu-perlindungan-sosial
BERITA TERKAIT
 
Pemerintah berencana akan meluncurkan kartu perlindungan sosial (KPS) untuk 15,5 juta rumah tangga miskin dan rentan di Indonesia.

Menurut Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono, KPS ini akan digunakan sebagai penanda rumah tangga miskin dan rentan serta dapat digunakan untuk mendapatkan manfaat program perlindungan sosial.

"Program perlindungan sosial diantaranya program subsidi beras bagi masyarakat berpendapatan rendah atau yang dikenal sebagi program raskin," ujar Agung, Rabu (5/6) di Jakarta.

Peluncuran KPS, kata Agung, merupakan upaya perbaikan pelaksanaan program perlindungan sosial agar penerima manfaat dari program tersebut lebih tepat sasaran dan benar-benar hanya diterima oleh mereka yang berhak.

"KPS akan dikirimkan oleh PT Pos Indonesia langsung ke alamat rumah tangga penerima," katanya.

KPS itu memuat informasi nama kepala rumah tangga, nama pasangan kepala rumah tangga, nama anggota rumah tangga lain, alamat rumah tangga, nomor kartu keluarga, dilengkapi kode batang (barcode) beserta nomor identitas KPS yang unik sehingga lebih aman dan tidak dapat digandakan.

Sebagai penanda rumah tangga miskin, pemegang KPS berhak mendapatkan program raskin dan juga nantinya program perlindungan sosial lain yang termasuk dalam program perluasan dan percepatan perlindungan sosial dan program kompensask khusus yang saat ini diusulkan pemerintah melalui APBN-P 2013 dan sedang dibahas oleh DPR. (ans/ant)


Berita Terbaru

Terkait Mundurnya BW, Jokowi Belum Bersikap
Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan sampai saat ini belum ada surat yang masuk baik dari Polri maupun KPK.

Rupiah Senin Pagi Melemah
Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Senin (26/1/2015) pagi bergerak melemah sebesar 25 poin

Jokowi Resmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Kepala BKPM Franky Sibarani menyatakan BKPM dan kementerain/lembaga sudah siap untuk melayani proses perizinan seluruh bidang usaha.

Polisi Korban Demo Anarkis FPI Bakal Jadi Saksi
"Rencananya yang akan jadi saksi nanti adalah Surya Purwa Gumilar, Elkha Dwiki, Fauzi Amaludin, Fatah Maruf dan Disman."

Jabodetabek Bakal Diguyur Hujan Ringan hingga Sedang
Berdasarkan informasi dari website BMKG, hampir seluruh wilayah Jabodetabek akan diguyur hujan dari pagi hingga malam hari.