SOSIAL

Rabu, 05/06/2013, 22:34
Pemerintah Bakal Luncurkan Kartu Perlindungan Sosial

SOSIAL KPS, Agung Laksono
 

pemerintah-bakal-luncurkan-kartu-perlindungan-sosial
BERITA TERKAIT
 
Pemerintah berencana akan meluncurkan kartu perlindungan sosial (KPS) untuk 15,5 juta rumah tangga miskin dan rentan di Indonesia.

Menurut Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono, KPS ini akan digunakan sebagai penanda rumah tangga miskin dan rentan serta dapat digunakan untuk mendapatkan manfaat program perlindungan sosial.

"Program perlindungan sosial diantaranya program subsidi beras bagi masyarakat berpendapatan rendah atau yang dikenal sebagi program raskin," ujar Agung, Rabu (5/6) di Jakarta.

Peluncuran KPS, kata Agung, merupakan upaya perbaikan pelaksanaan program perlindungan sosial agar penerima manfaat dari program tersebut lebih tepat sasaran dan benar-benar hanya diterima oleh mereka yang berhak.

"KPS akan dikirimkan oleh PT Pos Indonesia langsung ke alamat rumah tangga penerima," katanya.

KPS itu memuat informasi nama kepala rumah tangga, nama pasangan kepala rumah tangga, nama anggota rumah tangga lain, alamat rumah tangga, nomor kartu keluarga, dilengkapi kode batang (barcode) beserta nomor identitas KPS yang unik sehingga lebih aman dan tidak dapat digandakan.

Sebagai penanda rumah tangga miskin, pemegang KPS berhak mendapatkan program raskin dan juga nantinya program perlindungan sosial lain yang termasuk dalam program perluasan dan percepatan perlindungan sosial dan program kompensask khusus yang saat ini diusulkan pemerintah melalui APBN-P 2013 dan sedang dibahas oleh DPR. (ans/ant)


Berita Terbaru

Asik.... Kebun Binatang Ragunan Sudah Bisa Diunduh di Play Store
Manajemen Taman Margasatwa Ragunan (TMR) sedang mengembangkan aplikasi berbasis android agar wisatawan bisa dengan mudah memperoleh segala informasi yang dibutuhkan.

Inflasi di Ibukota Juli Capai 0,97 Persen
Total laju inflasi mencapai 1,96 persen. Sedangkan laju inflasi rata-rata per tahunnya sekitar 7,38 persen.

Puluhan Rumah di Jl Panca Warga II Terbakar
Akibat kebakaran ini, sekitar 150 warga terpaksa mengungsi di aula kantor PAM Jaya dan Masjid Al Hidayah.

1,2 juta Warga Jakarta Belum Punya E-KTP
Berdasarkan data, ada sebanyak 7,3 juta warga di ibu kota yang wajib memiliki KTP.

Madrid Juara International Champions Cup 2015
Duel adu penalti terpaksa digelar setelah kedua tim bermain imbang 0-0 selama 90 menit.