MENUJU RI 1

POLITIK

Selasa, 11/06/2013, 11:58
Bacaleg PPP, PAN, PKPI dan Gerindra Tak Penuhi Syarat Kuota Perempuan

POLITIK KPU, Pemilu
 

bacaleg-ppp-pan-pkpi-dan-gerindra-tak-penuhi-syarat-kuota-perempuan Ketua KPU Husni Kamil Manik/kpu
BERITA TERKAIT
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan empat partai politik peserta pemilu 2014 tidak memenuhi syarat kuota 30 persen keterwakilan perempuan.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua KPU Husni Kamil Manik di Hotel Borobudur, Jakarta, kemarin malam, Senin (10/06) saat mengumumkan hasil verifikasi tahap akhir bakal calon legislatif (bacaleg) yang terdata dalam daftar calon sementara (DCS).

"Adapun partai yang dikenakan adalah pertama, Partai Gerindra untuk pemilihan Jabar IX. Kedua, PPP untuk dapil Jawa Barat II, Jateng III. Ketiga, PAN, dapil Sumbar 1. Empat, PKPI untuk dapil Jabar V, Jabar VI, dan NTT 1," ungkap Husni.

Tidak hanya itu saja. Keempat partai tersebut, lanjut Husni, dinilai tidak memenuhi syarat penempatan nomor urut caleg perempuan di sebuah daerah pemilihan.

Husni mengungkapkan, keempat partai tersebut masuk dalam kategori tidak memenuhi syarat dalam keterwakilan perempuan sebesar 30 persen. Selain itu, mereka juga tidak memenuhi syarat penempatan nomor urut caleg perempuan di sebuah dapil.

"Terhadap tidak terpenuhinya parpol, maka peraturan KPU menyatakan parpol tidak memenuhi syarat pada suatu daerah pemilihan," sambung Husni.

Setelah verifikasi tahap akhir bacaleg diumumkan, Husni menjelaskan, KPU akan memberikan kesempatan kepada setiap partai politik untuk mengoreksinya. "Pimpinan parpol atau petugas penghubung, apabila ada kesalahan DCS maka segera memberikan bukti kesalahan KPU," terang Husni.

Pada saat yang bersamaan, perwakilan dari keempat partai politik yang dianggap tidak memenuhi syarat keterwakilan perempuan kompak menolak menandatangani berkas acara. Salah satunya wakil dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Fernita Darwis.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP itu menilai pihaknya meyakini seluruh persyaratan dan ketentuan yang diajukan KPU sudah terpenuhi. "Kami tidak mau terima. Dapil Jabar II dan Jateng III menurut saya sudah memenuhi persyaratan," tegas Fernita Darwis. (ali)



Berita Terbaru

Susanto, Pemilik 30 Kilogram Shabu Dituntut Mati
Pekerjaan terdakwa, termasuk jaringan Internasional (antar Negara) dan bertentangan dengan program pemerintah Indonesia

Jamu Valencia, Peluang Barca Raih Poin Penuh
Kemenangan jadi kewajiban untuk kami, guna menjaga potensi untuk menelikung Madrid di klasemen

Menerima Shabu 500 Gram, Juwita Divonis Penjara 12 Tahun
"Terima kasih Bapak Hakim. Saya menerima putusan 12 tahun penjara ini,"

George Michael akan Dimakamkan Saat Perayaan Hari Ibu Sedunia
George bakal dikebumikan tepat di samping makam Ibundanya Lesley,

Haji Lulung Terima Dipecat dan Tetap Dukung Anis - Sandi
"Yang penting jangan dipecat sama umat. Kalau saya dipecat sama partai masih banyak yang mau dukung saya,."