POLITIK

Selasa, 11/06/2013, 11:58
Bacaleg PPP, PAN, PKPI dan Gerindra Tak Penuhi Syarat Kuota Perempuan

POLITIK KPU, Pemilu
 

bacaleg-ppp-pan-pkpi-dan-gerindra-tak-penuhi-syarat-kuota-perempuan Ketua KPU Husni Kamil Manik/kpu
BERITA TERKAIT
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan empat partai politik peserta pemilu 2014 tidak memenuhi syarat kuota 30 persen keterwakilan perempuan.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua KPU Husni Kamil Manik di Hotel Borobudur, Jakarta, kemarin malam, Senin (10/06) saat mengumumkan hasil verifikasi tahap akhir bakal calon legislatif (bacaleg) yang terdata dalam daftar calon sementara (DCS).

"Adapun partai yang dikenakan adalah pertama, Partai Gerindra untuk pemilihan Jabar IX. Kedua, PPP untuk dapil Jawa Barat II, Jateng III. Ketiga, PAN, dapil Sumbar 1. Empat, PKPI untuk dapil Jabar V, Jabar VI, dan NTT 1," ungkap Husni.

Tidak hanya itu saja. Keempat partai tersebut, lanjut Husni, dinilai tidak memenuhi syarat penempatan nomor urut caleg perempuan di sebuah daerah pemilihan.

Husni mengungkapkan, keempat partai tersebut masuk dalam kategori tidak memenuhi syarat dalam keterwakilan perempuan sebesar 30 persen. Selain itu, mereka juga tidak memenuhi syarat penempatan nomor urut caleg perempuan di sebuah dapil.

"Terhadap tidak terpenuhinya parpol, maka peraturan KPU menyatakan parpol tidak memenuhi syarat pada suatu daerah pemilihan," sambung Husni.

Setelah verifikasi tahap akhir bacaleg diumumkan, Husni menjelaskan, KPU akan memberikan kesempatan kepada setiap partai politik untuk mengoreksinya. "Pimpinan parpol atau petugas penghubung, apabila ada kesalahan DCS maka segera memberikan bukti kesalahan KPU," terang Husni.

Pada saat yang bersamaan, perwakilan dari keempat partai politik yang dianggap tidak memenuhi syarat keterwakilan perempuan kompak menolak menandatangani berkas acara. Salah satunya wakil dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Fernita Darwis.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP itu menilai pihaknya meyakini seluruh persyaratan dan ketentuan yang diajukan KPU sudah terpenuhi. "Kami tidak mau terima. Dapil Jabar II dan Jateng III menurut saya sudah memenuhi persyaratan," tegas Fernita Darwis. (ali)



Belum Ada Komentar Buat Berita Ini

Kirim Komentar Anda


Komentar

Berita Terbaru

Fauzi Bowo Rayakan Lebaran Bersama Warga Indonesia di Jerman
Usai sholat ied, Dubes Fauzi Bowo bersilaturahmi dengan masyarakat Indonesia yang berlangsung di halaman parkir KBRI sambil menyantap hidangan khas lebaran opor ayam dan sambal goreng ati.(

Copet Berkeliaran di Ragunan
Membeludaknya jumlah pengunjung membuat para pelaku kejahatan, terutama copet, dengan leluasa menjalankan aksinya.

Prabowo Ucapkan Selamat Idul FItri
Hal itu disampaikan Prabowo melalui akun Youtube pribadinya dan ia juga mengucapkan salam maaf lahir dan bathin.

Arus Balik Mudik Diprediksi H+3 sampai H+7
Arus balik pemudik di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur diprediksi pada H+3 hingga H+7 Lebaran.

Idul Fitri 1435 H Jatuh Hari Ini
Pemerintah menetapkan 1 Syawal jatuh pada hari ini, Senin 28 Juli 2014 berdasarkan hasil sidang itsbat