MENUJU RI 1

POLITIK

Selasa, 11/06/2013, 11:58
Bacaleg PPP, PAN, PKPI dan Gerindra Tak Penuhi Syarat Kuota Perempuan

POLITIK KPU, Pemilu
 

bacaleg-ppp-pan-pkpi-dan-gerindra-tak-penuhi-syarat-kuota-perempuan Ketua KPU Husni Kamil Manik/kpu
BERITA TERKAIT
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan empat partai politik peserta pemilu 2014 tidak memenuhi syarat kuota 30 persen keterwakilan perempuan.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua KPU Husni Kamil Manik di Hotel Borobudur, Jakarta, kemarin malam, Senin (10/06) saat mengumumkan hasil verifikasi tahap akhir bakal calon legislatif (bacaleg) yang terdata dalam daftar calon sementara (DCS).

"Adapun partai yang dikenakan adalah pertama, Partai Gerindra untuk pemilihan Jabar IX. Kedua, PPP untuk dapil Jawa Barat II, Jateng III. Ketiga, PAN, dapil Sumbar 1. Empat, PKPI untuk dapil Jabar V, Jabar VI, dan NTT 1," ungkap Husni.

Tidak hanya itu saja. Keempat partai tersebut, lanjut Husni, dinilai tidak memenuhi syarat penempatan nomor urut caleg perempuan di sebuah daerah pemilihan.

Husni mengungkapkan, keempat partai tersebut masuk dalam kategori tidak memenuhi syarat dalam keterwakilan perempuan sebesar 30 persen. Selain itu, mereka juga tidak memenuhi syarat penempatan nomor urut caleg perempuan di sebuah dapil.

"Terhadap tidak terpenuhinya parpol, maka peraturan KPU menyatakan parpol tidak memenuhi syarat pada suatu daerah pemilihan," sambung Husni.

Setelah verifikasi tahap akhir bacaleg diumumkan, Husni menjelaskan, KPU akan memberikan kesempatan kepada setiap partai politik untuk mengoreksinya. "Pimpinan parpol atau petugas penghubung, apabila ada kesalahan DCS maka segera memberikan bukti kesalahan KPU," terang Husni.

Pada saat yang bersamaan, perwakilan dari keempat partai politik yang dianggap tidak memenuhi syarat keterwakilan perempuan kompak menolak menandatangani berkas acara. Salah satunya wakil dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Fernita Darwis.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP itu menilai pihaknya meyakini seluruh persyaratan dan ketentuan yang diajukan KPU sudah terpenuhi. "Kami tidak mau terima. Dapil Jabar II dan Jateng III menurut saya sudah memenuhi persyaratan," tegas Fernita Darwis. (ali)



Berita Terbaru

Strategi JSI Kembali Teruji di Pilkada 2017
Lembaga survei dan konsultan politik Jaringan Suara Indonesia (JSI) kembali mencatatkan kemenangan di pemilihan langsung kepala daerah (pilkada) serentak 2017

Aksi Heroik Pasukan Orange Saat Banjir
Seolah tiada lelah, petugas PPSU terus bekerja dengan keikhlasan,ketulusan dan tanpa pamrih membantu warga Ibukota.

Lurah Pekojan Pantau Genangan di Wilayahnya
Titik banjir sudah tak ada lagi. Genangan yang ada pun kemarin sudah cepat surut,

Arsenal Dibantai Muenchen 5-1
Kemenangan besar Muenchen ini membuat Arsenal sulit melangkah ke babak delapan final

AHY Ngaku Kalah dan Tetap Bersyukur
Saya bangga kepada para pendukung, tetaplah tegar jangan kecil hati. Percayalah semua ada hikmahnya,