POLITIK

Rabu, 30/01/2013, 08:00
KPUD Sosialisasikan Pilkada Barito Utara

POLITIK Pilkada
 

kpud-sosialisasikan-pilkada-barito-utara Ilustrasi/ist
BERITA TERKAIT
 
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menyelenggarakan sosialisasi tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan kepala daerah pada 5 Juni 2013 dan pemilihan umum Legislatif 2014 nanti.

"Pemerintah daerah mendukung penyelenggaraan pemilu dengan mengalokasikan anggaran melalui APBD bagi penyelenggaraan Pilkada kabupaten Barito Utara," kata Wakil Bupati Barito Utara (Barut), Oemar Zaki Hebanoeddin di Muara Teweh, Selasa (29/1).

Menurut Oemar Zaki, hal itu sesuai dengan amanat Undang-Undang no 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah dan UU nomor 22 tahun 2007 tentang penyelenggaraan pemilu.

Dalam mendukung pilkada itu pemkab Barito Utara melalui persetujuan DPRD setempat telah memberikan dukungan anggaran sebesar Rp7,5 miliar untuk penyelenggaraan putaran satu pemilukada dan menganggarkan sebesar Rp4,2 miliar bila terjadi putaran kedua.

"Di samping dukungan anggaran secara langsung kepada KPU Barito Utara, pemerintah daerah juga memberikan dukungan sarana dan prasaran untuk menunjang kelancaran persiapan dan pelaksanaan pemilukada seberti hibah komputer, peminjaman kendaraan operasional maupun personel," katanya.

Secara khusus katanya, pada kesempatan ini saya ucapkan selamat kepada saudara Syahmiludin yang pada 25 Januari lalu telah dilantik oleh Sekretaris KPU Provinsi Kalteng sebagai Sekretaris KPU Barito Utara.

"Hendaknya saudara bisa segera bekerja dengan baik serta mampu memberikan dukungan maksimal memberikan pelayanan dari segi administrasi, keuangan, kepegawaian terhadap kelancaran tugas dari anggota KPU dalam mempersiapkan dan melaksanakan tahapan pemilukada 2013 dan pemilu legislatif 2014," kata Oemar Zaki.

Dia mengatakan, Pemkab Barito Utara mengharapkan KPU selaku lembaga penyelenggara pemilu, partai politik, instansi terkait, para camat, lurah/kades maupun stakeholder kemasyarakatan lainnya yang berhubungan dengan kelancaran dan kesuksesan persiapannya.

Pelaksanaan Pilkada 2013 maupun pemilu legislatif 2014 hendaknya dalam pelaksanaannya nanti bisa mendukung dan menjamin kelancaran didalam persiapan dan pelaksanaannya agar dapat berjalan sesuai tahapan yang sudah ditetapkan.

Semua pihak yang terlibat dalam tahapan Pilkada hendaknya bekerja dengan berpedoman pada azaz penyelenggaraan Pemilu yang mandiri, jujur, adil, kepastian hukum, tertib penyelenggaraan pemilu, kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalitas, profesionalitas, akuntabilitas, efesiensi dan efektivitas.

Ditambahkannya, membantu dan mendukung sepenuhnya semua tahapan persiapan maupun penyelenggaraan pemilu yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Utara.

"Jadi tidak boleh ada pihak-pihak lain dengan alasan apapun yang ingin menghalangi apalagi menggagalkan pelaksanaannya. Bila hal itu sampai terjadi, menjadi kewenangan pihak berwajib untuk mengambil tindakan tegas sesuai Undang-Undang yang berlaku," kata dia. (fat/at)

Berita Terbaru

Dipanggil Megawati, Jokowi Batal Umumkan Susunan Kabinet
Jokowi dipanggil Megawati terkait pencoretan nama Ketua Tim Transisi Rini Soemarno dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar

Pengumuman Kabinet Masih Simpang Siur
Santer terdengar susunan menteri diumumkan di Dermaga 303, Tanjung Priok

Fauzi Bowo: Indonesia Memiliki Soliditas Seperti Jerman
Menurut Fauzi Bowo, ada hal positif yang bisa ditiru oleh Indonesia, yakni..

Jokowi Kemungkinan Batal Umumkan Kabinet Hari Ini
"Ya secepatnya akan diumumkan, bisa di Istana, bisa di Pasar Tanah Abang, dan bisa juga di Pelabuhan Tanjung Priok,"

Ini Harapan Fauzi Bowo Pada Jokowi
Bagi saya ada hal yang menarik. Pertama,