SOSIAL

Selasa, 09/10/2012, 12:01
Menjelang Idul Adha, Jakarta Kerahkan 750 Petugas

SOSIAL idul adha, jakarta, dinas, kurban
 

menjelang-idul-adha-jakarta-kerahkan-750-petugas (ist)
 
Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta akan menerjunkan sebanyak 750 petugas pemeriksa hewan kurban untuk menjamin kualitas daging hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1433 Hijriah laik konsumsi. Ratusan petugas tersebut dikerahkan untuk memeriksa kesehatan hewan kurban dari berbagai daerah yang akan masuk ke tempat-tempat penampungan di wilayah ibu kota. Rencananya, pemeriksaan akan dilakukan pekan kedua Oktober ini.

Menurut Ipih, ratusan petugas tersebut terdiri dari 300 petugas Institut Pertanian Bogor (IPB), 50 Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), 10 petugas dari Kementerian Pertanian, 116 petugas dari Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, serta 274 petugas Suku Dinas Peternakan dan Perikanan masing-masing wilayah.

"Pemeriksaan kesehatan hewan kurban akan dilakukan pada pekan kedua bulan ini dengan melibatkan sebanyak 750 petugas dari berbagai instansi," kata Ipih Ruyani, Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Selasa (9/10/2012).

Ipih mengatakan, pemeriksaan hewan kurban meliputi kelengkapan administrasi seperti surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) dari daerah asal hewan kurban. Sementara untuk kesehatan, pemeriksaan meliputi suhu badan, mata, hidung, dan gigi. Sampel darah hewan juga akan diambil untuk mengetahui adanya penyakit antraks atau tidak.

"Jika ditemukan hewan yang tidak dilengkapi SKKH, akan dikembalikan ke tempat asal, dan juga bila ditemukan hewan yang berpenyakit, tidak boleh dijual dan harus dipisahkan dengan yang sehat supaya tidak menular. Petugas akan memberikan perawatan kepada hewan tersebut sampai sembuh," katanya.

Ipih juga mengatakan, kebutuhan hewan kurban di Jakarta diperkirakan mencapai puluhan ribu, terdiri dari 18.671 ekor sapi, 397 kerbau, 73.921 kambing, dan 5.122 domba. Sementara diperkirakan akan ada 744 tempat penampungan dan 1.515 pedagang. Angka tersebut mengacu pada hewan kurban pada tahun sebelumnya. Pada 2011, tercatat ada 8.571 sapi yang dipotong, 171 kerbau, 32.003 kambing, dan 2.685 domba. (aks)

Berita Terbaru

Pengamat: HM Prasetyo Mesti Berani Restorasi Kejaksaan
"Jika dia tak mampu melakukan perubahan dalam pemberantasan korupsi, lebih baik kejaksaan tanpa Jaksa Agung."

Waspada! 21 Persen Makanan di Jakarta Tidak Layak Konsumsi
Kepala BBPOM DKI, Dewi Prawitasari mengatakan,perngecekan terhadap 31 pasar itu dilakukan sejak Januari hingga Oktober 2014.

Timnas Indonesia Siap 100 Persen
Jumat petang Firman Utina dan kawan-kawan hanya melakukan latihan ringan selama satu jam.

Pemprov DKI Bakal Bangun Underpass di Kota Tua
Underpass yang berada di bawah rel kereta api Jalan Kunir ini diharapkan menjadi jalur alternatif setelah jalur utama di kawasan Kota Tua ditutup tahun depan.

Berton-ton Sampah Diangkut dari Kali Ciliwung
Salah satu lokasi tumpukan sampah akibat banjir kiriman terlihat di kolong Jembatan Rawa Jati, Kalibata, Jakarta Selatan.