SOSIAL

Senin, 20/06/2011, 13:03
Polda Metro Gelar Razia Simbol DPR, Polri dan TNI

SOSIAL polisi razia
 

polda-metro-gelar-razia-simbol-dpr-polri-dan-tni-
 
Maraknya penggunaan simbol instansi DPR, Polri dan TNI oleh masyarakat pengguna kendaraan pribadi, mendorong Ditlantas Polda Metro Jaya untuk menggelar razia khusus.

Dibantu provost dan Puspom TNI, Polda Metro Jaya bakal menertibkan penggunaan simbol negara di kendaraan pribadi yang digunakan masyarakat umum.

''Penggunaan simbol itu sudah masuk dalam kategori melanggar dan harus ditertibkan," ujar Kepala Subdit Penegakkan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Sudarmanto, Senin (20/6/2011).

Menurut AKBP Sudharmanto, penggunaan simbol tersebut tidak sesuai dengan ketentuan UU Lalu Lintas No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

"Meskipun mobil tersebut milik anggota, tetap tidak diperbolehkan karena jelas itu sebagai upaya pelecehan dengan memasang simbol-simbol Tribrata di pelat nomor kendaraan. Itu simbol kehormatan tidak sepatutnya ditempatkan di situ," kata AKBP Sudharmanto.

Pekan lalu, kata AKBP Sudharmanto, polisi sudah melakukan penindakan terhadap 20 mobil.

'' Hari ini ada lima mobil yang ditertibkan di kawasan Kalibata dan Pancoran karena menggunakan lambang Tribrata dan DPR," ujar AKBP Sudharmanto.

Kendati dianggap melanggar peraturan, namun polisi baru sebatas melakukan peneguran dan himbauan agar melepas simbol tersebut.

Berdasarkan hasil razia, pengendara motor mengaku memasang simbol-simbol negara tersebut hanya untuk menghindari penindakan bila melanggar peraturan lalu lintas di jalan raya. (ans/bam)

Berita Terbaru

Setelah Bambang, Bareskrim Bakal Bidik Adnan Pandu
Terkait dengan adanya laporan dari PT Desy Timber atas tuduhan pemalsuan surat notaris dan penghilangan saham perusahaan.

Aksi 'Save' KPK di Bundaran HI
"Menyelamatkan KPK, berarti menyelamatkan Indonesia,"

Apple Watch Kini Ada Game-nya
Permainan pertama tersebut berjudul Letterpad. Selain Apple Watch, game ini juga akan tersedia pada iPhone dan iPad.

Madrid Tekuk Cordoba 2-1
Gol tersebut menyempurnakan kemenangan Madrid yang sempat lebih dulu tertinggal dari Cordoba akibat gol cepat dari Nabil Ghilas di menit 3 yang kemudian dibalas oleh Karim Benzema pada menit 27.

Barcelona Cukur Elche 6-0
Kemenangan ini membuat Barca bertahan di urutan dua klasmen sementara La Liga dengan 47 angka dari 20 laga.